Blogroll


Komentar Terbaru


Arsip


yahoo


meta


jam


fb


Pengunjung

    27.657

analisa humanoid robot dan implementasinya

Ditulis pada 30 September 2013 Oleh iknow-fst10 | Kategori : Umum

humanoid robot atau bisa disebut robot manusia merupakan suatu robot yang diciptakan menyerupai manusia. penelitian tentang robot ini sedang gencar-gencarnya dilakukan par ilmuwan robot. telah banayak humanoid robot yang sangat canggih diluar sana yang juga mampu melakukan banyak kegiatan seperti manusia. salah satu robot paling canggih itu adalah ASIMO. robot hasil karya jepang ini dianggap robot dengan the most advaced technology in the world. robot ini dapat berinteraksi dengan manusia, melakukan apa yang kita perintahkan, dan masih banyak hal lain yang bisa dilakukannya.

namun saya tidak akan membahas ASIMO terlalu dalam. teknologi ASIMO masih sangat jauh untuk dikejar oleh Indonesia. yang saya akan bahas disini adalah humanoid robot sederhana yang dirancang untuk mengikuti gerak manusia yang mengendalikannya. untuk lebih jelasnya bisa dilihat di video dibawah ini

dalam video diatas, robot akan mengikuti gerakan yang dilakukan oleh pengendalinya. 

apa yang ada di dalam robot tersebut? mengapa bisa demikian? menurut analisa saya robot tersebut digerakkan dengan memerlukan input sinyal dari myoelectric sensor yang dipasang pada pengendali. myoelectric sensor adalah sensor yang sangat sensitif yang biasanya digunakan untuk menangkap sinyal otot pada electromyograph. sinyal yang ditangkap pada manusia ini akan menjadi input pada robot untuk menggerakkan aktuatornya menyerupai apa yang dilakukan pengendali. sangat sederhana bukan teorinya? namun pada prakteknya hal ini sangat susah. sinyal otot yang ditangkap oleh myoelectric sensor biasanya berada pada kisaran orde milivolt dan bercampur dengna berbagai noise yang ada. unutk dapat memakainya biasanya digunakan thresholding pada nilai tertentu dari sinyal sebagai ambang pada gerakan tertentu. hal ini dilakukan untuk memudahkan pengambilan keputusan itu sendiri.

dari robot sederhana ini banyak sekali implementasi yang bisa dilakukan di Indonesia dalam bidang medis. diantaranya adalah pada kaki dan tangan bionic. di Indonesia saat ini tangan dan kaki buatan belum sampai pada kisaran bionic melainkan baru pada kisaran mekatronik saja. perbedaannya adalah pada mekatronik diperlukan suatu gerakan tertentu (mekanik) untuk memicu elektronik yang dirancang agar dapat menimbulkan gerakan lain pada tangan atupun kaki buatan. pengaplikasiain sinyal emg ini dapat dilakukan. dengan merekam sinyal-sinyal tertentu kita sebenarnya dapat mengaplikasikannya pada gerakan tangan dan kaki buatan. contohnya pada kaki bionic untuk orang yang lumpuh akibat puntungnya kaki sampai pada bagian lutut. kita dapat merekam sinyal-sinyal tertentu pada bagian paha yang mengindikasikan gerakan tertentu pada gait-cycle. setiap periode pada siklus gait akan menghasilkan sinyal tertentu yang berbeda dengan sinyal lain. sinyal yang direkam ini akan di programkan pada kaki bionic dimana pada kaki tersebut akan ditanamkan myoelectric sensor. pengguna cukup berusaha untuk ingin menggerakkan kakinya seperti biasa dan sensor akan menangkap sinyal yang dihasilkan untuk meneteapkan apa yang harus dilakukan.

demikian sedikit pembahasan dan analisan saya dari humanoid robot sederhana pada video diats beserta implementasinya. 

salam

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :