Blogroll


Komentar Terbaru


Arsip


yahoo


meta


jam


fb


Pengunjung

    25.834

sedikit tentang komunikasi data

Ditulis pada 04 June 2012 Oleh iknow-fst10 | Kategori : Umum

Untuk melakukan suatu komunikasi diperlukan 3 syarat penting yaitu orang yang menyampaikan pesan, orang yang menerima pesan, serta media komunikasi itu. Begitu pula komunikasi antar sesame komputer. Pada bagian hardware komputer biasanya di sediakan 2 jenis media komunikasi data yaitu komunikasi kabel dan nirkabel. Namun hanya dengan hardware ini terdapat suatu keterbatasan dalam komunikasi baik itu dalam segi penggunaan kbel maupun nirkabel. Untuk itulah suatu hari orang di dunia ini menemukan hal yang kita kenal sekarang dengan internet. Pada awal pembuatannya diharapkan internet mampu menjadi cara agar komunikasi saat ini sudah tidak dibatasi dengan ruang dan waktu lagi. Penemuan yang sangat luar biasa bukan hingga saat ini kita bisa mengirim surat dalam waktu sepersekian detik, kita bisa mengakses berbagai informasi dengan mudah, dan fungsi-fungsi lain yang saya rasa anda juga pasti merasakannya.

Lalu bagaimana cara agar komputer-komputer di dunia ini bisa berkomunikasi degnan mudahnya melalui internet? Sebenarnya koneksi internet di seluruh dunia ini terhubung dalam suatu server super komputer di pentagon. Server inilah yang menjadi media penampung berbagai macam data yang kita dapat akses melalui internet.

Dengan cara berkomunikasi seperti ini sebenarnya terdapat banyak kekurangan yang akan terjadi. Seperti contoh, bagaimana server bisa mengirim data-data yang diinginkan suatu user tnpa salah mengirim ke orng lain? atau bagaimana server dapat mengenali suatu komputer yang mengakses data sebagi pemilik data itu? Atau mungkin bagaimana server bisa tahu kalau suatu pihak tertentu bisa mengakses data pribadi orang lain? Untuk itulah diperlukan suatu alamat bagi setiap komputer agar masalah-masalah di atas tidak terjadi. Alamat itu biasa kita sebut dengan internet protocol atau IP. Ip address sendiri terdiri dari 2 jenis. Salah satunya bersifat default yang berarti setiap server akan memberikannya secara otomatis ketika kita masuk kedalam server itu. Yang satu bersifat bawaan, yang berarti sudah terkandung dalam setiap raga komputer.

sumber disini 

- 2 Komentar -

1. nidhom

pada : 16 June 2012
dalam ip dikatakan memiliki 2 jenis, dalam penjelasan anda saya masih bingung tentang jenis yang kedua, itu seperti apa?

2. admin

pada : 17 June 2012
oh yang bersifat bawaan ya bang? itu disudah dicantumkan dalam komputer masing2 pda setiap network protocol di masing2 computer.. seperti misalnya anda ingin melakukan ad-hoc dengan komputer lain. tidak ada server kan dalam transfer data tersebut? itu pake ip bawaan :)

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :