Blogroll


Komentar Terbaru


Arsip


yahoo


meta


jam


fb


Pengunjung

    27.660

sistem komputer part II

Ditulis pada 28 May 2012 Oleh iknow-fst10 | Kategori : Umum

Setelah pada postingan sebelumnya saya menjelaskan sedikit banyak tentang salah satu sistem software yaitu OS, sekarang saya akan menjelaskan sedikit tentang hardwarenya. Pusat tempat berlangsung dan diprosesnya segala perintah maupun instruksi dalam komputer, mainboard.  Mainboard atau biasanya disebut motherboard merupakan tempat dimana komponen-komponen pokok seperti  VGA card, soundcard, LAN card, maupun processor. Tidak seperti dulu dimana kita bebas membangun sebuah PC berdasarkan keinginan kita, saat ini mainboard biasanya sudah sepaket dengan processornya. Kita hanya bisa mengganti vga card, RAM, dan beberapa komponen kompatibel lainnya. Kadang para vendor juga mengeluarkan jenis-jenis motherboard yang berbeda.

                Dalam setiap motherboard dituliskan suatu mini operating system yang berfungsi untuk mengecek keberadaan setiap hardwre yang diperlukan untuk menjalankan suatu komputer. Mini operating system ini kita kenal dengan nama BIOS atau basic input output system. Bios ini disimpan di suatu tempat pada motherboard yang bernama ROM atau read only memory. Biasanya disediakan tombol khusus yang diatur oleh masing-masing vendor pembuat motherboard untuk masuk ke dalam bios ini. Tombol in bisa dilihat saat pertama kali kita menyalakan komputer.

                Seperti namanya, dalam system operasi mini ini dituliskan small library yang berisikan fungsi dasar dari input dan output device. Dimana dalam bios ini kita bisa mengatur beberapa hal seperti :

  • Konfigurasi dasar hardware : pada menu ini bios akan menmpilkan tamplian spesifik dari hardware kita seperti contoh besarnyaa harddisk, processor yang kita pakai, RAM yang kita pakai, dll.
  • Pengaturan Jam : pada menu ini bios memperbolehkan kita untuk mengatur waktu yang kita inginkan. Pengaturan waktu ini juga bisa dilakukan saat OS sudah menyala. Tapi akan lebih baik jika kita mengesetnya pada bios juga ( Cuma buat jaga-jaga  hehe).
  • Penyaringan system komponen : selain berfungsi untuk mengecek kelengkapn hardware bios juga menyediakan pengaturan pada hardware atau komponen tertentu yang bisa diaktif/nonaktifkan. Seperti contohnya kita bisa mengaktif/non-aktifkan wireless dan Bluetooth dari bios. Pada beberapa motherboard terdapat perbedaan pada sistem pengaturan grafiknya (vga card). Ada motherboard yang vga cardnya bersifat on board dan tidak. Dimana dari bios kita dapat mengatur besarnya memory vga card yang kita inginkan dan memotong memory tersebut dari RAM.
  • Pengaturan prioritas boot : booting adalah proses dimana hardware akan mulai membaca dan mengartikan kode-kode program yang tertulis pada suatu hardware. Bios juga bisa mengatur urutan/prioritas hardware mana yang harus dibaca terlebih dahulu.

Lalu bagaimana jika terjadi suatu kerusakan pada hardware secara khusus seperti misalnya corruptnya suatu file pada harddisk? Pada problem ini bios tidak akan mendeteksi kerusakan pada harddisk. Problem ini terjadi pada ruang lingkup operating system. Jika masalah ini terjadi biasanya akan muncul pilihan apakah kita akan menjalankan OS secara normal tau menjalankannya secara khusus. Proses menjalankan OS secara khusus ini disebut safe mode.

                Pada saat menjalankan secara safe mode ini suatu OS akan meminimalkan semua fungsiny secara masal. OS haanya akan menjalnkaan fungsi dasar seperti i/o device dan untuk menampilkan informasi saja. Jadi dengan fungsi yang minimal inilah kita akan bisa mendeteksi kesalahan yang terjadi pada komputer dengan mudah.

                Demikian klinik komputernya untuk kali ini. Semoga berguna. Keep blogging ^^/

 

 

- 3 Komentar -

1. dita

pada : 28 May 2012
apakah OS dengan BIOS itu sama? blh minta penjelasannya ndak? jujur saya masih bingung antara BIOS dengan OS. terima kasih bang :)

2. Muhammad R Al Biruni

pada : 17 June 2012
ass...
bang nuzul.
dari kutipan tulisannya bang nuzul;" Seperti namanya, dalam system operasi mini ini dituliskan small library yang berisikan fungsi dasar dari input dan output device'.
Saya ingin bertanya, maksudnya gmn bang??, saya juga masih belum paham prinsip kerja dari BIOS apakah memiliki persamaan dengan OS?
terimakasih bang Nuzu

3. admin

pada : 17 June 2012
admin : saya menangkap pertanyaannya sama ya tentang perbedaan antara OS dan BIOS.. dari pengertian saja sudah berbeda..
BIOS : basic input output system
OS : operating system
jadi bisa disimpulkan jika BIOS itu memiliki fungsi dasar hanya untuk fungsi input dan output saja sedangkan OS atalah sebuah pengatur (operating) yang akan mengatur segalanya termasuk fungsi input dan output itu sendiri.. itu persamaannya sekaligus perbedaannya,,

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :